Tingkatkan Silaturahmi, Walikota Solok ajak Pasukan Kuning Berbuka Bersama di Rumah Dinas

JALANG.ID--Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar berbuka puasa bersama pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup dan insan pers di Rumah Dinas Wako Solok, Minggu (31/3). Turut hadir, Asisten III Sekda Kota Solok, Zulfadrim, Kepala Dinas Kominfo Kota Solok, Happy Dharmawan, Kepala DLH Kota Solok, Edrizal, Kabag Prokomp Setda Kota, Deddy Agung Pratama serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan, Pemerintah Kota Solok mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan yang telah membantu Pemerintah Kota Solok melakukan penyebarluasan informasi, melalui berbagai saluran informasi yang ada, baik melalui media cetak, media elektronik, maupun media online.

"Pemerintah Kota Solok menyadari, tidak bisa berdiri sendiri dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sehingga diperlukan kerjasama yang baik dengan segenap insan Pers atau media massa," ujarnya.

Pemerintah Kota Solok, ditambahkan Buya, telah melaksanakan Kerjasama dengan media massa untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Informasi yang disampaikan berupa program kerja dan capaian-capaian Pemerintah Daerah yang telah dituangkan dalam visi besar Terwujudnya Kota Solok yang Diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern.

"Selama tiga tahun kepemimpinan kami berbagai capaian pembangunan telah dapat kita usahakan bersama untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Solok. Berjalannya proyek strategis yang bersumber dari anggaran Pemerintah Pusat dan Provinsi seperti pembangunan RSUD Kota Solok dengan anggaran Rp100 Miliar, pembangunan GOR H. Marah Adin, senilai Rp26 Miliar," jelasnya.

Selanjutnya, sampai Wako, adalah Normalisasi Batang Lembang, melalui APBN senilai Rp62 Miliar, Pembangunan Embung Batang Binguang dengan anggaran Rp20,687 miliar dari APBN, pembangunan dan pemugararan 18 Masjid dari APBD Kota Solok, revitalisasi Pasar Raya Solok, pembangunan jalur pedestrian, pengembangan kawasan wisata Pulau Belibis dan Batu Patah Payo, dan penyelesaian Jalan Lingkar Utara dari APBN tahun 2024, dimana saat ini dalam proses lelang dengan anggaran Rp62,5 Miliar.

Dan juga, program jaminan dan perlindungan sosial Solok Sehat Sejahtera telah diwujudkan melalui program Jaminan Perlindungan Kesehatan seluruh Warga Kota (Jamkesko), program perlindungan pekerja rentan sektor informal dan berpenghasilan rendah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Program sosial Gebuk Sakuku, dari ASN dan masyarakat untuk membantu warga yang kurang mampu.

"Gambaran pembangunan makro Kota Solok dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Tahun 2022 ekonomi Kota Solok tercatat tumbuh positif 4,6% dan tahun 2023 tercatat naik 4,81%. Pendapatan Perkapita Kota Solok tahun 2021 Rp57,010 juta. Tahun 2023 naik menjadi Rp67,599 juta, lebih tinggi dibanding Provinsi Sumatera Barat. Tingkat ketimpangan pendapatan (Gini Ratio) menujukkan perbaikan tiga tahun terakhir. Tahun 2021 tercatat 0,277 dan tahun 2023 menjadi 0,256," terangnya.

Komentar